Fitrah Ilmu Parenting

Postingan kali ini adalah untuk menjawab nice homework ke-4 dari IIP seperti 3 postingan sebelumnya. DI PR kali ini merupakan rangkaian dari 3 PR sebelumnya.

Pertanyaan pertama, mengingat kembali NHW (Nice Home Work) 1, apakah sampai hari  ini masih  tetap memilih jurusan ilmu yang dituliskan pada NHW 1? Saat itu saya menjawab, jurusan ilmu saya adalah Parenting, dan sampai saat ini saya masih concern untuk menekuni jurusan ilmu tersebut.

Pertanyaan keduanya, menyinggung NHW (Nice Home Work) 3, mengenai maksud Allah mengutus kita di muka bumi. Bagi saya sudah terbayang apa maksud Allah, sehingga untuk mendukung agar peran saya semakin terlihat, maka ada bidang2 ilmu yang ingin saya pelajari, antara lain :

  1. Ilmu Pengasuhan anak yang benar sesuai Fitrah, yaitu bagaimana mempelajari pola pengasuhan yang benar agar sesuai dengan harapan Allah dan tugasnya sebagai manusia. Dalam hal ini, akan berhubungan dengan ilmu sosial, dan prinsip agama.
  2. Ilmu Pendidikan anak, yaitu mengenai cara mendidik anak, agar menjadi manusia yang selalu berada di jalan yang benar dan sesuai dengan prinsip2 agama. Mendidik tidak hanya masalah dalam hal kecerdasan intelektual, tetapi juga menjadikan mental anak menjadi kuat dan memahami benar dan salah.
  3. Ilmu Membina Keluarga Bahagia, bagaimana cara menjadikan keluarga selalu bahagia, harmonis, dan mendukung anak untuk pertumbuhan dan perkembangan mentalnya.
  4. Ilmu Memasak, yaitu bagaimana cara memberikan sajian yang enak dan cukup gizi bagi anak dan keluarga agar selalu mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk perkembangannya.

Dari keempat ilmu diatas, maka dapat lebih dirincikan ilmu-ilmu apa saja untuk menjalankan misi, antara lain :

  1. Ilmu-ilmu Cara Mengasuh anak saat 0-6 bulan, 6 bulan-1 tahun, 1-2 tahun, diatas 2 tahun, pra sekolah, saat sekolah, dst
  2. Ilmu-Ilmu Mendidik anak agar menjadi rajin sholat, rajin ke masjid, menghormati orang tua, mampu bersosialisasi dengan baik, cara menemukan minat dan bakat anak, dsb
  3. Ilmu-Ilmu seputar menjaga komunikasi yang baik dengan suami, selalu sepaham dalam mendidik anak, dsb.
  4. Ilmu-ilmu seputar gizi yang dibutuhkan dalam tahap perkembangan awal anak, resep-resep memasak, bagaimana menyajikan makanan yang sehat dan enak untuk keluarga, dll

Dalam hal proses untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut, saya sebagai ibu akan menerapkan prinsip ­long-life learning. Artinya proses belajar itu akan  saya lakukan sejak mulai menikah (KM 0), hingga akhir hayat saya (KM …..) Selama ini saya sudah melakukan proses tersebut sejak saya menikah, dengan belajar melalui teori, diskusi dengan  orang tua dan suami, belajar dari pengalaman, dll. Dan semua proses belajar itu masih akan berlangsung sampai akhir hayat saya. Memang begitulah ilmu Parenting¸yang mungkin akan berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain.

Lalu kapan waktu saya untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut? Saya selalu melakukannya setiap saat, setiap detik dalam hidup. Kenapa? Karena setiap detik yang saya lakukan adalah merupakan contoh, merupakan proses mendidik, bertujuan untuk menjadikan keluarga tetap bahagia dan harmonis. Dalam mempelari ilmu-ilmu tersebut secara teori, saya tidak menkhususkan waktu, karena kapan saja saya bisa sedang dalam proses mencari tahu ilmu-ilmu tersebut. Misal saat mengalami kebingungan bagaimana saat anak demam, maka saya bisa langsung ­­googling­ atau membaca buku mengenai “dokter di rumah”  untuk mengatasi masalah tersebut.

NHW kali ini sangat bermanfaat untuk membuat saya tersadar kembali akan semua proses yang sudah saya lakukan selama ini. Parameter hasilnya adalah perkembangan anak dan keluarga yang bahagia, tidak ada parameter yang tertulis. Maka saya bertekad untuk terus melakukan semua proses ini sampai akhir hayat saya. In shaa Allah…

Published by ardhist

Mari bertemu di Instagram @ruangtitikkoma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: