Perjuangan Menembus Batas

Punya mimpi yang sangat banyak, kadang menjadi sangat tidak mudah. Meski di lain sisi, banyak orang yang ingin berada di posisi ini.

Bagi saya, hidup tanpa bermimpi tidak bisa dikatakan hidup. Tidak ada sesuatu yang dicari, tak ada sesuatu yang ingin dicapai, juga tak ada tujuan. Selain hanya menjalani, dan (mungkin) menunggu mati.

Menulis, menjadi salah satu senjata untuk melukiskan mimpi. Terwujud atau tidak, soal lain. Yang penting, bisa bermimpi. Seperti saat ini, ketika saya berdiri di depan gerbang sebuah ‘sekolah’ cerpen sastra media. Ya, sebuah ruang yang membuat dunia hadir dalam bentuk yang berbeda. Saya bermimpi, duduk di sana, menceritakan bagaimana obrolan warung kopi tempo hari bisa kita bawa ke kelas yang lebih tinggi. Bukan, bukan untuk memupuk kesombongan diri. Justru (kadang) dari warung kopi lah, segala sesuatu dimulai.

Saya bermimpi pun ternyata tak mudah. Jalan yang saya pilih ini bukan tanpa hambatan. Justru, langsung dihadapkan pada tembok penghalang yang sangat besar. Namun, apakah saya harus berhenti di sini? Atau memutar tubuh ke kanan, lantas pergi? Kutengok ke belakang. Kulihat sekilas, dari kejauhan, Oppa Jong Suk sudah melambaikan tangannya, menunggu aku kembali menyimak serial-serial dramanya.

Tapi … kudengarkan hatiku kembali,

“Bukankah, sudah jauh perjalananmu untuk sampai di sini? Haruskah kau kembali, tanpa pernah bertarung dulu sampai (hampir) mati?”

Hmm … ya, kadang aku juga bingung pada diriku sendiri. Kenapa aku tertarik untuk masuk dan mencicipi sendiri rasanya (hampir) mati?

Tapi aku selalu ingin bermimpi. Siapa tahu, tiba-tiba ada sayap tumbuh dari balik punggungku, dan membuatku tak jadi mati.

Published by ardhist

Mari bertemu di Instagram @ruangtitikkoma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: