Bangkit, Masih Seribu Purnama

Perjalananku menulis, kini sampai di mana? Jawaban nyata, sampai di depan pintu gerbang cerpen sastra media. Kulihat ke belakang, sungguh jauh jalan yang kutempuh untuk mengetuk pintu ini.

Diri ini masih ingat, kapan berdoa untuk bisa di sini. Doa-doa sederhana, bagaimana caraku berpikir selama ini, bisa menemukan jalan untuk kusalurkan. Di mana? Bagaimana caranya? Kapan? Banyak pertanyaan berputar di kepala. Namun tak tahu jalan keluarnya.

Pelan-pelan, kutemukan apa yang aku pinta. Tuhan, menunjukkan jalan-Nya, meskipun bagi manusia terasa semua hanyalah kebetulan saja. Luar biasa!

Kini, sampailah aku di sini. Untuk belajar, cerpen sastra media. Aku berpikir, benarkah jiwaku cocok di sini? Ku termenung beberapa saat, sambil menyelesaikan tugas pertamaku. Analisis 10 cerpen sastra media, karya Seno Gumira Ajidarma.

Tuhan selalu luar biasa. Saat kubaca, pelan-pelan semua kalimat-kalimat di menyesakkan pikiranku. Meledakkan rasa-rasa, membuat gemuruh badai dalam dadaku. Orang macam apa ini? Yang bisa membuat manusia pembacanya ikut tertampar-tampar, terbang, lantas jatuh ke jurang terdalam.

Ya, Seno Gumira Ajidarma memang selalu bisa menyuguhkan itu dalam setiap tulisannya. Kuingat dulu, mungkin masih sangat kecil untuk memahami apa maksud cerpennya, sehingga tak mampu memberikan ruang bagi otak untuk menerima dan menerjemahkannya.

Kini, bagiku seperti sudah terlambat. Tapi tak ada yang pernah bilang, bahwa ada terlambat untuk memulai sesuatu yang benar-benar kau tunggu dan inginkan. Bangkit, kini saatnya melangkah, walaupun kesempatan berkejaran dengan segala peliknya urusan.

Published by ardhist

Mari bertemu di Instagram @ruangtitikkoma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: