Rasa. Di Mana Aku Harus Mencari?

Rasa. Setelah diksi pun masih jauh dari sempurna, kali ini saya harus belajar tentang bagaimana menyalurkan rasa. Sulit ternyata. Bagi saya. Karena ini terkait dengan masalah kepekaan, dan ketelitian.

Banyak teori yang menuliskan tentang rasa. Namun seperti halnya cinta, tidak ada teori pasti yang bisa menggambarkan bagaimana caranya jatuh cinta.

Kini, Tuhan mempertemukan saya dengan sekolah yang menarik. Cara mendidik di kelas ini menarik. Sangat menarik. Berbeda dari kelas yang lain yang pernah saya ikuti. Kelas ini tidak punya teori pasti. Aneh? tidak. Hanya berbeda.

Sebuah teori dianggap justru membatasi ruang berpikir kami di sini. Padahal rasa tak bisa diteorikan, dan dibatasi. Haha.. seru! Lalu bagaimana? Di sini sekolah jurusan Pendidikan Rasa. Sebuah jurusan yang belum pernah ada. Andaikan pun ada, apakah dipercaya? Karena tidak ada teorinya.

Lalu, belajar dari mana? Cara belajar kami diawali dengan cara membedah karya para maestro sastra. Ini menarik, kami jadi terbiasa untuk merasakan. Memahami, meresapi, dan akhirnya menuangkan.

Namun, itu pun ternyata masih tidak mudah. Maka cara selanjutnya adalah praktek. Baca baca, nulis. Baca lagi, nulis lagi. Semakin banyak baca diharapkan semakin mampu menulis. Namun itu juga ternyata masih jauh dari sempurna. Ya. Memang tidak mudah.

Lalu bagaimana? Saya mencoba menyederhanakan dalam analogi. Ketika hati begitu ingin makan kue coklat, maka cari kue coklat favorit itu. Lalu, coba resapi, rasakan bagaimana choco melting itu meleleh di dalam mulut, begitu manis, dan lembut. Simpan rasa dalam kecapan, catat, lalu tuangkan seberapa nikmatnya. Ketika kita mampu membuat orang lain ingin makan juga, di situ lah artinya kita telah menemukan rasa.

Selamat menemukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s