DWC12, Kompetitif!

Tanpa terasa, today is a last day in 30 Days Writing Challenge Jilid12. Saya, bukan lagi anak baru di sini. Ternyata begini rasanya jadi anak tidak baru, hehe..

Bagi saya, DWC selalu spesial. Bukan hanya memberikan saya semangat untuk berjuang dengan lebih kuat lagi, DWC juga mampu menciptakan hal baru untuk masuk sebagai rutinitas penting, yaitu menulis setiap hari.

Saya, sebagai anggota DWC alumni sejak Jilid 11, merasa bahwa DWC Jilid 12 ini ada perbedaan. Baik secara program, tantangan-tantangannya, maupun suasana dalam kompetisinya.

Di DWC yang telah berlangsung selama 30 hari ini, saya menemukan bahwa jiwa-jiwa menulis anak muda itu sebenarnya sangat besar. Semangatnya luar biasa. Bahkan lebih dan meluap-luap. Hal itu tampak dari bagaimana setiap fighter mampu berperan aktif dalam setiap tantangan yang diberikan.

Namun, ada juga satu hal yang ingin saya masukkan sebagai koreksi. Dari sekian banyak peserta, sebenarnya yang memiliki keterlibatan aktif hanya sekitar 25%. Selebihnya pasif. Banyak faktor yang perlu diteliti untuk itu. Apakah salah jika pasif? Tidak ada salah dan benar di sini. Semua bergerak seperti apa yang diharapkan. Tapi, bagi saya pribadi. jika seharusnya bisa menyerap 90% ilmu, tapi hanya menggunakan 50% energi untuk mencapai 90%, karena ragu, takut, kawatir, dan lain-lain sebenarnya sayang. Apalagi untuk yang baru pertama kali ikut. Tentu bisa saja berbeda dengan yang sudah pernah ikut. But well, it’s about me. Not you.

Satu lagi yang saya temukan, kurangnya konsistensi. Semangat memang menggebu-gebu, meluap-luap. Tetapi, tidak konsisten. Terbukti dengan banyaknya yang tidak setor, bahkan di hari pertama. Lalu juga banyak yang DO di beberapa hari berikutnya. Juga keterlibatan dalam feedback.

Namun, bagi saya pribadi, DWC tetap selalu spesial. Rasa. Rasa tak pernah sama. Makanya kalau punya pacar, hindari CLBK. Mending move on. Cari rasa yang berbeda, haha..

Published by ardhist

Mari bertemu di Instagram @ruangtitikkoma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: